PUBG Mobile dan Mobile Legends Belum Daftar PSE, Terancam Akan Dibokir!

PUBG Mobile  dan Mobile Legends Belum Daftar PSE, Terancam Diblokir!!

PUBG Mobile dan Mobile Legends dua game pupuler yang sering dipertandingkan dalam acara olahraga esports ini diketahui ternyata belum terdaftar PSE atau Penyelenggara Sistem Elektronik ke Kementrian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo.

Dilansir dari CNN Indonesia, Public Relations Moonton Indonesia Azwin nugraha, sebagai pengembang sekaligus yang menaungi Mobile Legends, pihaknya akan bekerja sama dengan kementrian dalam proses pendaftaran PSE.

"Saat ini kami sedang dalam proses registrasi, dan akan menindak lanjuti proses ini dengan semua otoritas terkait mengenai masalah ini," kata Azwin Nugraha dalam keterangannya.

Sementara itu Public Relations PUBG Mobile Indonesia Emil Riswandi juga mengatakan bahwa "mereka sedang berkoordinasi internal untuk merampungkan proses registrasinya, dan berharap dalam waktu dekat ini bisa selesai".

Hal ini dilakukan untuk menghidari ancaman pemblokiran dari Kemenkominfo untuk semua platfrom yang belum daftar PSE, di mana pendaftaran PSE termasuk dalam peraturan pemerintah no 71 tahun 2019 kemudian peraturan Kemenkominfo No 5 tahun 2020.

Namun berdasarkan yang dikutip dari CNN pada hari Kamis 30 juni 2022 kemarin, PUBG Mobile dan Mobile Legends tersebut belum terdaftar dalam situs PSE.

Game-game online seperti Call of Duty, Free Fire, Arena of Valor sudah terdaftar dalam situs PSE.

Dilansir dari Suara lewat wawancaranya Samuel. A Pangerapan mengatakan "Game itu termasuk kalau game termasuk layanan berbayar namanya". Lebih lanjut lagi dikatakan game-game mobile tersebut harus daftar PSE, kalau bisnis mereka di Indonesia dianggap ilegal.

"Pasti daftarlah mereka. Kalau mereka enggak daftar, mereka enggak mau berbisnis di Indonesia,” ujar Samuel.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar