Usai Piala Presiden Esports 2022, Game Lokal Lokapala Siap Rilis di Asia Tenggara

Usai Piala Presiden Esports 2022, Game Lokal Lokapala Siap Rilis di Asia Tenggara

Beberapa waktu lalu, Lokapala, game MOBA online pertama dari Indonesia dan Asia tenggara hadir sebagai salah satu game lokal yang dipertandingkan dalam laga Piala Presiden Esports 2022 yang digelar pada 9 hingga 13 November 2022.

Industri kreatif yang salah satu sektornya adalah industri game telah terbukti resilien bahkan pada saat masa krisis sekalipun, mampu melejit hingga lebih dari 30% di tahun 2020.

Dengan Percepatan Pertumbuhan Majemuk (CAGR) sebesar 9% per tahun, Indonesia memiliki kesempatan yang besar untuk memimpin industri game dan esports di kawasan Asia Tenggara.

"Piala Presiden 2022 menjadi contoh nyata bagi pemerintah Indonesia dalam mendukung sosialisasi gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Program Penggunaan Produk Dalam Negeri khususnya untuk industri game dan esports nasional. Semoga program Penggunaan Produk Dalam Negeri ini bisa diikuti oleh lembaga pemerintah lain seperti BUMN, BUMD, dan Pemerintah Daerah. Kami juga berharap Lokapala dapat menjadi key driver atau lokomotif kebangkitan ekonomi kreatif nasional," ujar Ivan Chen selaku CEO Antarupa Studios.

Untuk mendukung hal itu, Antarupa Studios memiliki rencana untuk merilis Lokapala di kawasan Asia Tenggara dan tahap Close Beta diperkirakan akan dimulai pada akhir Desember 2022 mendatang.

Yang menariknya lagi, Lokapala juga akan menghadirkan berbagai mode dan fitur baru, antara lain Battle Pass dan Inter-regional matchmaking, yang memungkinkan para Ksatriya untuk bertanding dengan Ksatriya lain yang berlokasi di negara yang berbeda. Tentunya hal tersebut dapat menyokong Lokapala untuk dapat bersaing di ekosistem esports global.

Baca Juga:

Lokapala Codex

Pada Piala Presiden Esports 2022, Anantarupa Studios juga meluncurkan Lokapala Codex untuk kalangan terbatas. Lokapala Codex berisi rangkuman riset-riset dari berbagai manuskrip, prasasti dan artefak sebagai bukti-bukti kepemimpinan Nusantara dari abad ke-6, tepatnya pada era Sriwijaya hingga Majapahit, dan diproyeksikan dalam kepemimpinan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun ini.

Dalam Lokapala Codex dipaparkan bahwa sejak di jaman kerajaan kuna, Indonesia sudah memiliki konsep kepemimpinan yang disebut sebagai Lokapala-Cakravartin. Di dalamnya terkandung delapan nilai kepemimpinan, yang juga dikenal sebagai Asta Brata. Dipercaya nilai-nilai inilah yang mampu membuat Nusantara memiliki kekuatan politik, ekonomi, dan budaya yang berpengaruh hingga Asia Pasifik di jaman itu.

Delapan nilai kepemimpinan ini berusia 1100 tahun lebih awal dari tujuh nilai Bushido yang digunakan Jepang untuk “revolusi mental” dan membangkitkan nasionalisme generasi mudanya. Ini yang menjadi alasan bagi Anantarupa Studios dalam mengangkat nilai-nilai luhur ini ke dalam Delapan Nilai Keksatriyaan dalam setiap karakter Ksatriya Lokapala. Dengan begitu, diharapkan pada tahun 2045, tepat 100 tahun usia kemerdekaan Indonesia, Indonesia mempunyai generasi pemimpin yang mampu membawa Indonesia kembali memimpin dunia.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar