Manchester City Jalin Kerja Sama dengan FaZe Clan

machester Faze

Klub English Premier League, Manchester City, terus menunjukkan komitmennya untuk dunia esports. Baru-baru ini, mereka menjalin kerja sama dengan organisasi FaZe Clan dalam pembuatan konten. Besar kesepakatan dan ketentuan lain-lain tidak diungkapkan oleh kedua belah pihak.

Dilansir dari The Esports Observer dan Manchester Evening News, FaZe Clan sendiri adalah organisasi esports yang sudah sangat populer di kawasan Amerika Utara. Mereka memiliki sejumlah pemain esports profesional yang terbagi menjadi beberapa tim. Mereka memiliki tim esports untuk Fortnite, Counter Strike, Call of Duty, PUBG, Rainbow Six, dan FIFA.

Mereka juga memiliki seorang pemain bintang esport Fortnite, Nate Hill. Dia sering terlihat melakukan streaming Fortnite sambil mengenakan jersey Manchester City. Usut punya usut dia adalah penggemar berat tim asuhan Pep Guardiola itu.

Selain bermitra untuk pembuatan konten eksklusif, event dan konten YouTube, kolaborasi ini juga mencakup beberapa hal. Di antaranya adalah fasilitas pelatihan bersama untuk pemain profesional FIFA dari masing-masing pihak. Selain itu akan ada pula penjualan produk co-branded edisi terbatas.

Fazeclan manchesterYouTube

Dalam hal FIFA, FaZe Clan sebenarnya sudah memiliki spesialis Xbox, yaitu FaZe Tass. Dia adalah seorang pemain yang berada di urutan ke-13 di dunia pada Global Series Points di Xbox pada 2019 (FIFA 19). Dia juga bermain di Grand Final eWorld Cup 2019, yang sayangnya harus tereliminasi pada tahap 16 besar.

CMO City Football Grup, Nuria Tarre mengatakan: “Esports adalah olahraga yang paling cepat berkembang di dunia. Berkolaborasi dengan FaZe Clan akan menandai awal babak baru yang menarik dalam perjalanan esports Man City,” katanya.

“Kami menyadari bahwa para penggemar ingin merayakan kecintaan mereka terhadap sepakbola di banyak aspek. Termasuk dalam hal fashion, musik dan permainan. Itu dilakukan untuk menciptakan budaya di luar lapangan.”

“Kami menantikan kerja sama dengan FaZe Clan untuk memberi penggemar kami cara baru terlibat dengan klub.”

Sementara perwakilan Faze Clan mengatakan bahwa kerja sama ini juga merupakan upaya memperlebar pasar. Mereka percaya dapat memperluas basis penggemar bersama salah satu klub sepak bola raksasa Inggris.

manchester colab with fazeManchester Evening News

“Kolaborasi ini menciptakan peluang untuk memperluas basis penggemar. Serta kami juga bisa memperkenalkan budaya kolektif di dalam dan luar lapangan,” kata Lee Trink dari FaZe Clan.

“FaZe Clan akan terus mendorong batas-batas permainan dan olahraga dengan melibatkan penggemar. Kami akan memberi pengalaman yang bermakna, berkesan dan mengejutkan.”

Di satu sisi, banyak penggemar City tidak mengenal siapa FaZe Clan, terutama untuk generasi muda. Mereka nantinya akan menjadi demografis yang jelas ingin menjadi target Faze Clan.

Dengan memiliki 7,1 juta pelanggan YouTube, jangkauan konten mereka tentu sangat besar. Bahkan jumlah tersebut lebih banyak dari pelanggan saluran resmi City, Manchester United dan Liverpool.

Premier league manchesterespn

Pada tahun 2017, City pernah bermitra secara singkat dengan FaZe untuk membuat dua video di saluran YouTube mereka. Video tersebut mencapai 90.000 tayangan di YouTube. Akan tetapi video yang diposting di saluran FaZe ditonton 752.000 kali.

Ini adalah pertama kalinya klub English Premier League bermitra dengan brand khusus dalam esports. Belum semua klub peserta Premier League memiliki tim resmi dalam ePremier League perdana tahun ini. Hanya City dan West Ham United yang telah memiliki pemain FIFA untuk berkompetisi secara teratur.

Ini mencerminkan tren klub-klub Inggris yang hanya menurunkan tim-tim yang sepak bola saja. Tidak seperti klub Eropa lainnya, di mana klub biasanya juga memiliki tim olahraga lain seperti basket, handball, atau tenis meja.

Sebelumnya, City Football Group juga sudah menunjuk EA Sports sebagai mitra bisnis permainan resminya. Bukan hanya hanya untuk Manchester City, tetapi juga untuk New York City F.C. dan Melbourne City.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar